Tindakan yang menggangu orang lain atau disebut dengan bullying sering terjadi dimana saja. Bahkan terjadi di tempat yang kondusif seperti sekolahan. Banyak faktor yang mendorong perilaku kekerasan ini. Misalnya saja kurangnya pengawasan pengelola institusi pendidikan.

Bahkan sekarang banyak perilaku lain yang lebih menyimpang dari bullying, mulai dari perusakan fasilitas sekolah, pencurian, perkelahian antarsiswa, penggunaan serta peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang, pelecehan seksual,hingga penculikan sedang marak terjadi. Oleh karena itu perlu ada perlindungannya.

PT Datascrip sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keamanan terpadu memahami kebutuhan dengan menghadirkan kamera CCTV Secure SNDI-813V yang dibekali resolusi  kamera sebesar 1.3 megapiksel dan fingerprint secure SGV-5.  Dengan begitu bisa memantau siswa yang bersembunyi untuk merokok.

Para orang tua juga bisa memonitoring sang anak secara langsung dengan bantuan software yang bisa diaplikasikan lewat smartphone. Sehingga masih bisa mengontrol anak meski tak berada di pangkuannya.

Peristiwa pencurian pun bisa terdeteksi melalui teknologi fingerprint yang dipadukan dengan CCTV.  Untuk kasus pencurian/perusakan fasilitas, perpaduan teknologi ini akan memudahkan pihak sekolah menentukan individu yang terlibat serta  saksi-saksi potensial yang melihat kejadian tersebut.

Tingkat kedisiplinan pun bisa terpantau disini, dengan kecanggihan teknologi ini maka bisa mengecek keterlambatan warga sekolah.  Hal ini berkaitan dengan penerapan kedisiplinan di institut pendidikan tersebut. Jika seseorang tidak memasukkan data sidik jarinya kedalam fingerprint maka orang tersebut tidak bisa keluar dari ruang saat dia meng-input sidik jarinya dari dalam ruangan. Hal ini dimungkinkan dengan adanya fitur anti pass-back yang menggunakan dua buah mesin fingerprint di sisi dalam dan luar ruangan.

Kita pun bisa merekam data melalui sistem yang terpasang dalam fingerprint atau CCTV. Sehingga informasi yang dibutuhkan bisa dilihat serta dievaluasi.  “Sistem keamanan terpadu dari Secure ini selain membantu pengawasan institusi pendidikan mencegah aksi bullying, juga mencegah pelanggaran disiplin dan tindakan kriminal yang berbahaya lainnya. Bukan hanya itu, teknologi ini juga bermanfaat sebagai media monitoring bagi orang tua serta review penyampaian informasi,” ujar Sylvia Lionggosari, Division Director PT. Datascrip.