Gempa bumi merupakan bencana yang tak terduga. Semakin tinggi getarannya semakin besar juga daya kerusakannya. Tak semua orang mempunyai alat pendeteksi gempa untuk mencegah gempa berikutnya. Terkadang saat gempa bumi terjadi justru ponsel anda kehilangan sinyal Oleh sebab itu tim dari Institut Teknologi California (Caltech)  menciptakan sebuah aplikasi yang menggunakan accelerometer di smartphone Anda, dan mengubahnya menjadi sebuah seismometer sederhana (perangkat yang dapat mendeteksi getaran dari gempa bumi). Seismometer ini dihubungkan ke router rumah Anda.

Richard Guy salah satu dari tim yang berhasi mengelola komunitas jaringan sistemik selama dua setengah tahun.  Perangkat baik plug ke PC atau router, dan mengambil getaran yang disebabkan oleh gempa. Sistem peringatan dini gempa bergantung pada banyak sensor tersebar di daerah. Jadi ketika gempa bumi dimulai, stasiun terdekat mengambil getaran.  Data yang mereka kumpulkan kemudian dikirim ke pusat pengolahan, di mana intensitas dihitung, dan waktu yang diperlukan untuk gempa mencapai daerah lain.

Data tersebut dianalisis dan kemudian disebar ke komunitas pengguna smartphone lain. Sehingga para penggna smartphone bisa menyelamatkan pengguna smartphone lain yang tempatnya tak jauh dari tempat anda. Selain itu para korban juga bisa terselamatkan.  Target pemasaran smartphone ini adalah  negara berkembang – negara dengan risiko tinggi gempa, tetapi tanpa infrastruktur peringatan dini di tempat – tempat belum ada.