Smartphone memang handphone pintar yang boros baterai. Dalam sehari harus beberapa kali mengecas karena terlalu banyak fitur-fitur yang menhabiskan daya baterai. Menggunakan charger portabel ternyata bisa merusak ponsel. Harus ada cara lain untuk menghemat daya baterai. Jika anda sedang atau setelah jam kerja ada baiknya anda mengistirahatkan ponsel anda. Begitu juga saat anda berada di daerah terpencil. Beberapa handphone pintar terkadang terus menerus mencari sinyal pada layanan.

Hindari membiarkan baterai ponsel Anda berdaya rendah. Tidak semua baterai berbasis nikel (seperti NiCd atau NiMH isi ulang baterai AA terlihat di sebagian besar supermarket), baterai lithium berbasis dirancang untuk dikenakan dini dan sering, dan membiarkan mereka terlalu rendah dapat merusak baterai.  Dengan baterai Lithium, melakukan pembuangan dangkal dan pengisian sering memperpanjang masa pakai baterai.

Sebaiknya matikan fungsi getar pada ponsel anda. Cukup menggunakan nada dering serendah mungkin maka akan menghemat daya baterai anda. Hindari penggunaan fitur yang tidak perlu. Jika Anda tahu itu akan menjadi saat sebelum biaya berikutnya ponsel Anda, jangan gunakan kamera atau terhubung ke Internet. Fotografi flash dapat menguras baterai Anda terutama cepat.

Jauhkan panggilan pendek. Hal ini jelas, tapi berapa banyak kali Anda mendengar seseorang di ponsel mereka berkata, “Saya pikir baterai saya sekarat,” dan kemudian melanjutkan percakapan mereka selama beberapa menit? Kadang-kadang, baterai sekarat hanyalah alasan untuk mendapatkan telepon (dan yang baik, pada saat itu), tetapi jika Anda benar-benar perlu untuk menghemat baterai, membatasi waktu bicara Anda.

Matikan Bluetooth, WIFI, GPS, dan kemampuan inframerah. Gunakan GSM daripada 3G – Menggunakan telepon Anda pada Mode 3G / Ganda akan menguras baterai lebih cepat daripada jika Anda hanya menggunakan mode GSM – kita lihat spesifikasi ponsel Anda dan Anda akan melihatnya akan mengutip dua kali pakai baterai yang berbeda – biasanya 50 % lebih untuk penggunaan GSM murni. Dengan smartphone, hindari menggunakan gambar atau video bergerak atau animasi untuk latar belakang Anda. Animasi latar belakang akan menguras baterai lebih cepat.