Douglas C. Engelbart, salah satu penemu dari mouse computer dan visioner computer, telah meninggal pada usia 88, ABC News telah mengkonfirmasi. Engelbart meninggal pada Selasa malam di rumahnya di Atherton, California.

Engelbart, yang menjabat sebagai Angkatan Laut elektronik teknisi radar AS selama Perang Dunia II, mulai bekerja di Stanford Research Institute (SRI) pada akhir 1950-an. Di sanalah ia bekerja pada beberapa grafis pertama computer user interface dan ide dari mouse computer. Pada tahun 1970 ia menerima paten untuk mouse, yang pada waktu itu perangkat kayu tebal dengan dua roda dan tiga tombol.

Penemuan ini berhubungan dengan sistem tampilan visual, dan lebih khusus, ke perangkat untuk bolak tampilan di lokasi yang dipilih,” paten, yang diajukan oleh Engelbart pada 21 Juni 1967, berbunyi. Mouse, tentu saja, tidak dipopulerkan sampai Xerox PARC mulai bereksperimen dengan perangkat dan kemudian Apple mulai untuk kapal mouse dengan Apple Lisa pada tahun 1983.

Englebart mengatakan bahwa dia tidak, bagaimanapun, datang dengan nama “tikus.” Ketika ditanya dalam sebuah wawancara dengan Stanford tentang nama pada Desember 1986, Engelbart mengatakan, “Tidak ada yang bisa ingat [yang datang dengan nama]. Di laboratorium, yang pertama kami bangun memiliki kabel yang keluar belakang. Ini tidak lama sebelum kita menyadari bahwa itu akan mendapatkan di jalan, dan kemudian kami mengubahnya ke depan. Tapi ketika sedang mengusap keluar dari belakang seperti itu, duduk di sana, hanya bentuknya kecil yang lucu. “

Tapi pendiri Apple Steve Wozniak percaya kontribusi Engelbart terbesar pergi jauh melampaui mouse. “Saya mengagumi dia begitu banyak. Segala sesuatu yang kita miliki di computer dapat ditelusuri ke pemikirannya,” kata Wozniak ABC News pada Rabu sore. “Bagi saya, dia adalah dewa. Dia akan diakui untuk mouse, tapi ia benar-benar melakukan banyak sekali hal-hal yang luar biasa untuk antarmuka computer dan jaringan.”

Engelbart bekerja pada ARPANET, jaringan computer yang mendahului internet pada akhir tahun 1960 dan awal tahun 1970. Dia juga bekerja pada konsep “groupware”, atau kolaborasi digital. Pada tahun 1968 dia adalah salah satu yang pertama untuk menunjukkan pada-layar video telekonferensi.

“Ide-ide jaringan bahkan lebih penting daripada mouse,” kata Wozniak. “Dia melakukan cara ini sebelum Internet. Dia sedang berpikir tentang bagaimana computer dapat memecahkan beberapa masalah utama bagi umat manusia sebelum banyak orang.”