Kemacetan menjadi sumber masalah di kota-kota besar. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka angkatan udara Terrafugia AS meluncurkan TF-X, sebuah konsep desain kendaraan jenis baru yakni mobil terbang.

Salah satu nilai jual utamanya adalah kemampuan untuk lepas landas dan mendarat secara vertikal seperti helikopter. Dalam mode mobil, plug-in hybrid bisa mengandalkan motor listrik dan kemasan baterai. Untuk lift-off perlu tenaga ekstra dari mesin pembakaran hidrokarbon. Sayapnya terlipat diperluas. Dua buah motor yang besar di kedua sisi kendaraan yang menunjuk secara vertikal ke atas, dan baling-baling memberikan angkat. Setiap pod memiliki 16 motor listrik independen, dengan controller sendiri dan baterai.

Ketika ia mencapai ketinggian yang diperlukan sayap mulai ke depan. Sebuah kipas menyalurkan tenaga angin di belakang dan memberikan dorongan dan sayap mulai beroperasi sebagai permukaan aerodinamis konvensional untuk menyediakan angkat karena mempercepat. Pada kecepatan penuh baling-baling pada ujung polong lipat kembali dan kendaraan memasuki “cruise” mode. TF-X memiliki kecepatan maksimum 200 mil per jam. 

 

SHARE
Previous articleBBM untuk Android
Next articleSulap Sampah Jadi Emas