Clark yang diperankan oleh Henry Cavill tak sadar bahwa dirinya bukan manusia biasa.  Ia mampu menyelamatkan teman-temannya dari kecelakaan bus, tak terpanggang mesti terbakar dan juga mampu menahan kapal yang hampir tenggelam.  Keganjilannya tersebut disadari oleh ayah angkatnya yang diperankan oleh Jonathan.  Akhirnya ia sadar bahwa sang anak angkatnya adalah seorang alien.

Jonathan selalu melarang Clark untuk menyelamatkan orang bahkan melawan jika dibuli. Karena sang ayah khawatir jika kemampuan super Clark diketahui orang lain maka masyarakat akan ketakutan bahkan menolaknya.  Saat terjadi angin topan Clark ingin menyelamatkan ayahnya yang tergulung oleh angin, namun ayahnya memberi kode bahwa kekuatan Clark harus disembunyikan. Meski berat akhirnya Clark membiarkan sang ayah mati terbawa angin.

Setelah kematian Jonathan, Clark menghabiskan hidupnya dengan pekerjaan yang berbeda-beda dan status palsu.  Alamat rumah pun sering berpindah.  Namun ia sering menyelamatkan orang secara rahasia. Clark pun mencari jati dirinya, ia menyusup ke sebuah kapal asing tempat dimana ia bisa berkomunikasi dengan roh  Jor-El ayah kandungnya yang berbentuk hologram.  Clark pun akhirnya tahu jika ia bukan  bukan berasal dari planet bumi melainkan planet krypton yang telah menghadapi kehancuran karena intinya yang tidak stabil. Sumber daya alamnya juga terkuras habis. 

Para pemimpin yang berkuasa akhirnya digulingkan oleh pemberotak militer, jenderal Zod dan pengikutnya.  Ilmuwan Jor-EL dan istrinya Lara sadar bahwa planet ini akan hancur maka mereka meluncurkan anaknya yang baru lahir Kal El (Clark) dengan pesawat ruang angkasa ke bumi.  Sebelum bayinya diluncurkan ia menanamkan sel-selnya dengan kode genetik untuk melestarikan ras Krypton. Tak lama sang bayi diluncurkan Jor El dibunuh oleh Zod.  Zod dan pengikutnya pun ditangkap dan dibuang ke Zona Phantom. Krypton pun meledak  dan membebaskan mereka.

Zod dan krunya pun mencari dunia koloni lain dan akhirnya mengikuti sinyal  Krypton yang dikirim dari kapal Clark dari bumi.  Zod dan pasukannya pun mencari tahu keberadaan Clark. Mereka berpikir Clark mempunyai naskah kuno yang merupakan kunci dari rekayasa genetik Kryptonians. Dengan naskah kuno tersebut maka Zod dan pasukannya bisa dengan mudah mengubah bumi menjadi planet Krypton yang baru.

Zod bersama pasukannya menyadap semua alat komunikasi di bumi, mereka mengumumkan mencari Clark yang merupakan titisan dari planet mereka dan sangat berbahaya bagi manusia muka bumi. Clark pun menjadi orang yang paling dicari. Karena jika Clark tak berhasil ditemukan maka bumi akan mereka binasakan.

Lois Lane yang diperangkan oleh Amy Adams merupakan satu-satunya orang yang tahu bahwa Clark adalah Kal El. Lois adalah seorang wartawan Daily Planet yang selalu mencari tahu siapa Clark, meski tulisannya dulu ditolak karena dianggap imajinasi oleh editornya, Perry White.  Sang editor pun mengakui bahwa tulisan tentang Clark bukan khayalan. Lois pun diutus untuk mengungkap lebih dalam siapa Clark. Namun saat berhasil mengikuti jejak Clark, Lois justru memutuskan tak jadi menulisnya.  Apalagi mempublikasikannya ke khalayak. Lois pun bernasib serupa ia dikejar-kejar khalayak.

Clark menjadi buronan manusia bumi, para militer ingin menangkapnya. Meski hampir semua manusia bumi berpikir Clark alien yang jahat.  Clark tetap menyelamatkan manusia bumi yang diserang oleh pasukan Zod.  Clark pun dijuluki sebagai Superman.  Saat situasi tak terkendali dimana serangan pasukan Zod membabi buta, Lois bertemu dengan hologram Jor-El.  Jor-El pun mengajari Lois cara menghancurkan pasukan Zod dengan naskah kuno.  Dan Jor-El meminta agar Lois mengajarkan Clark bagaimana mengahancurkan pasukan Zod.

Clark pun berhasil membunuh  Zod dan komplotannya dengan sebuah pesawat ruang angkasa yang membawanya ke Bumi saat ia masih bayi. Rencana Zod pu kacau, ia pun terbunuh saat bertempur dengan Clark yang telah menjelam menjadi Superman.  Setelah pasukan Zod hancur, bumi pun aman. Ternyata pemerintah Amerika Serikat tetap mencari tahu siapa sebenarnya Clark alias Kal-El alias Superman itu. Untuk menghindari identitasnya terungkap ia pun mengubah stylenya dan mengambil pekerjaan menjadi reporter di Daily Planet.

Film Yang Disadur dari Komik

Man of Steel adalah film superhero yang diproduksi oleh oleh Christopher Nolan di Amerika tahun 2013. Film ini disutradarai oleh Zack Snyder, yang diproduksi, dan ditulis oleh David S. Goyer. Film ini disadur berdasarkan karakter DC Comics Superman, yang menggambarkan asal  dari karakter Superman.  Film ini dibintangi oleh Henry Cavill, Amy Adams sebagai Lois Lane, Michael Shannon sebagai Jenderal Zod, Diane Lane sebagai Martha Kent, Kevin Costner sebagai Jonathan Kent, Laurence Fishburne sebagai Perry White, dan Russell Crowe sebagai Jor-El.  Film yang dibuat sejak tahun 2008 ini dilaunching pertama kali di premier karpet merah New York pada tanggal 10 Juni 2013. Dan film ini mulai dipertontonkan dibioskop secara konvensional, 3D dan teater IMAX pada tanggal 14 Juni 2013.