Kaspersky Anti-Virus 2013 untuk pengguna rumahan berhasil meraih penghargaan tertinggi, 5-bintang, dalam Uji Perlindungan Dunia Nyata untuk Q2 2013 dari MRG Effitas.  Solusi keamanan Kaspersky Lab berhasil mendeteksi dan memblokir seluruh ancaman yang ditemui dalam pengujian tersebut. Selama pengujian, para pakar MRG Effitas menilai kemampuan solusi antivirus lain dalam hal mendeteksi dan memblokir malware berbahaya. Para pakar tersebut sengaja memilih sampel malware yang sering ditemui para pengguna awam saat bekerja secara online.

Mereka juga sengaja memilih sampel malware dengan kapasitas beban paling berbahaya. Dengan begitu, sampel pengujian juga mencakup berbagai jenis backdoor (program yang bisa mengontrol komputer korban dari jarak jauh), malware finansial (software yang didesain untuk mencuri informasi finansial), ransomware, program berbahaya dengan fungsionalitas rootkit terintegrasi, dan berbagai jenis malware berbahaya lainnya. Pengujian dilakukan pada komputer yang menggunakan Windows 7 SP 1 32 bit. Komputer pengujian juga diisi dengan serangkaian aplikasi populer yang memiliki kerentanan yang sering dieksploitasi oleh para hacker.

Produk Kaspersky Lab bersaing dengan 16 solusi keamanan terkemuka lainnya. Kaspersky Internet Security 2013 berhasil memblokir seluruh 585 ancaman yang disiapkan untuk pengujian tersebut, dan meraih penghargaan tertinggi MRG Effitas, penghargaan 5-bintang. Dari seluruh solusi yang diuji, hanya dua solusi lain yang bisa menyamai kemampuan solusi keamanan Kaspersky Lab.

 “Keberhasilan meraih penghargaan tertinggi MRG Effitas adalah pencapaian yang luar biasa, namun lebih dari itu, hasil pengujian ini menjadi penanda yang membuktikan tingginya kualitas sebuah solusi keamanan. Produk perlindungan apap pun harus mampu melindungi pengguna dari ancaman yang nyata dan berbahaya seperti backdoor, malware finansial, ransomware, rootkit, dan lain-lain. Produk keamanan yang tidak bisa memberikan perlindungan seperti ini, tidak layak disebut sebagai solusi keamanan,” ujar Oleg Ishanov, Director Anti-Malware Research Unit, Kaspersky Lab.

Kaspersky Internet Security 2013 terus menambah koleksi penghargaan yang berhasil diraih dalam uji Perlindungan Dunia Nyata. Pada Meida dan April KIS 2013 menunjukkan efektivitas mengesankan dalam pengujian serupa yang dilakukan oleh lab independen, AV-Comparatives. KIS 2013 juga mendapat pengakuan terbaik dari lab pengujian terkemukan lain seperti AV-Test.org, Matousec.com.