Kantor tak hanya tempat untuk berkerja. Kantor juga merupakan tempat untuk berkreasi. Untuk memacu kreativitas para karyawan dibutuhkan tempat yang nyaman dan juga sehat oleh sebab itu pt. Datascrip menggelar seminar yang membahas konsep kantor modern yang ramah lingkungan dan ergonomis.

Menurut Ketua Green Building Council Indonesi, Naning S.Z. Adiwoso desain kantor yang dinamis dan sehat akan memacu kreativitas dan produktivitas para karyawan. Ia menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan tempat kerja yang hijau dan sehat antara lain menyediakan ruang kerja yang fleksible dengan desain minimalis serta menggunakan furnitur ataupun peralatan kantor yang ramah lingkungan, praktis dan hemat energi.

Ia pun mengatakan trend paradigma ke depan desain ruang kerja akan bergeser dari me atau mine menjadi we atau us. Oleh karena itu perlu dirancang ruang perkantoran yang berorientasi pada komunitas, areal komunitas yang atraktif dan fleksible dengan lingkungan yang lebih asri dan sehat. Bahkan diperlukan juga ruang rekreasi dan hiburan. Selain itu menurut Nining dibutuhkan juga akses internet yang terhubung dengan jaringan nirkabel sehingga karyawan bisa mudah saling berhubungan di kantor.

Serupa dengan Naning, Dr. Lamto Widodo Ketua Program Studi Teknik Industri Tarumanegara memaparkan bahwa kantor memerlukan desain ergonomi. Desain ergonomis membantu menyesuaikan ruang kerja dengan individu yang bekerja. Desain ergonomis memungkinkan karyawan bekerja dengan posisi duduk/mengetik yang nyaman, furnitur ataupun peralatan yang digunakan harus bisa disesuaikan dengan mudah dan praktis. Pemilihan furnitur harus memperhatikan fungsi dan kebutuhan kerja karyawan yang menggunakan.