Pelanggan adalah raja maka harus dilayani dengan maksimal. Dengan menerapkan teknologi yang terkini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan itulah yang dikatakan oleh Kafi Kurnia seorang Konsultan Bisnis Ternama saat menjadi pemateri pada  acara semina pertama di Datascrip Solution Days 2013 (17/6).  Ia mencontohkan perusahaan call center yang menggunakan komputer dekstop yang multifungsi atau restoran siap saji yang menggunakan monitor layar sentuh untuk pemersan menu. Itu merupakan salah satu bentuk dari peningkatan kepuasan para pelanggan.

Sementara itu, seminar kedua mengangkat tema“Proteksi Aset Perusahaan dengan Teknologi Deteksi Wajah” yang dibawakan oleh Daniel Djaharuddin selaku Lead Auditor Security Management System PT SUCOFINDO.  Daniel memaparkan ruang lingkup keamanan pada bisnis mencakup sumber daya manusia dan aset intelektual, etika dan reputasi merek dagang suatu produk atau perusahaan atau manajemen, aset keuangan, transportasi dan distribusi produksi, fisik,infrastruktur, manajemen keberlangsungan bisnis, serta sistem informasi dan teknologi informasi.

Dari semua sistem manajemen pengamanan yang ada, semua mempersyaratkan pengamanan fisik. Hal ini terkait perancangan langkah-langkah fisik untuk melindungi personil, mencegah akses yang tidak memiliki otorisasi kepada peralatan, instalasi, material dan dokumen serta untuk melindungi terhadap spionase, sabotase, pengrusakan dan pencurian.

Salah satu operasional pengamanan fisik yang bisa dilakukan adalah pengendalian akses. Caranya mulai dari identifikasi visual menggunakan kartu pengenal, kartu elektronik, pin, sidik jari, retina, sampai deteksi wajah.