Bak kaca, kini ponsel pun bisa tembus pandang. Ilmuwan asal California Institute of Technology (Caltech) yang berhasil menemukannya.  Ia mengembangkan sebuah chip imager terahertz lalu dipasangnkan pada ponsel.  Chip tersebut ternyata mampu menghasilkan dan memancarkan gelombang terahertz. Radiasi gelombang tersebutlah yang membuat ponsel bisa tembus cahaya.

Sebenarnya terahertz bukanlah inovasi yang baru, ini sudah ada sejak lama dan pernah digunakan oleh kepolisian New York, NYPD untuk mendeteksi keberadaan senjata. Hanya saja sistem yang digunakan sangat mahal dan melibatkan laser berukuran besar.

Namun Caltech mampu mengembangkannya dengan menggunakan teknologi CMOS standar. Teknologi ini dimanfaatkan untuk merancang chip yang beroperasi pada frekwensi terahertz. Radiasi terahertz ternyata memiliki kelebihan dibandingkan dengan gelombang lain, radiasi terahertz lebih aman dibandingkan dengan radiasi sinar X yang mampu membuat jaringan tubuh manusia rusak. Namun sayangya ponsel ini baru akan dilaunchingkan akhir tahun ini oleh Pollytron.