Google Checkout akan berubah sebagai perusahaan yang memfokuskan pada pengembangan Google Wallet berikutnya yang juga akan menjadi saingan layaknya PayPal. Google Commerce hari ini mengumumkan bahwa Google Checkout akan pensiun pada tanggal 20 November mendatang.

Google menyarankan bahwa pengusaha wajib memiliki transisi pembayaran sendiri ke Braintree, Shopify, atau Freshbooks, yang menawarkan pemotongan harga bagi pengguna Google Checkout. Pengusaha Amerika Serikat yang memiliki proses pembayaran mereka sendiri dapat mengajukan permohonan untuk mengajukan Google Wallet Instant Buy. Pengembang menjual melalui properti Google yang secara otomatis akan mentransisikan ke Google Wallet Merchant Center dalam beberapa minggu ke depan.

Berita ‘kematian’ Google Checkout datang seminggu setelah beberapa isu besar seputar Google Wallet, semuanya dirancang untuk menyerang dominasi PayPal dari sudut yang berbeda dengan memanfaatkan properti Google.

Dalam kasus ini, termasuk menyimpan mandat pembayaran di Chrome untuk memudahkan konsumen untuk melakukan checkout dan mengurangi pengabaian keranjang belanja, sehingga membuat Google Wallet juga tersedia dalam versi desktop Gmail, Instant Buy API, yang dirancang supaya transaksi bagi pedagang menjual barang fisik dan jasa lebih efektif; dan Wallet Objects API untuk pedagang juga menawarkan program loyalitas.