Jika anda gemar bercocok tanam dalam ruangan, inovasi yang satu ini mungkin patut anda perhitungkan. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Philips dan Wageningen University menemukan fakta bahwa tomat dapat berisi lebih banyak vitamin C jika mereka terkena lampu LED.

Wageningen University adalah satu-satunya universitas di Belanda yang fokus pada isu makanan sehat dan lingkungan hidup’, sehingga memiliki fasilitas pengujian yang sempurna untuk penelitian soal penggunaan lampu LED di rumah kaca hortikultura.

Untuk menemukan dampak LED pada isi vitamin homegrown tomat, para ilmuwan memilih beberapa varietas tanaman yang berbeda dan menggantung modul LED sekitar cluster tomat. Cluster ini biasanya muncul di bawah daun, sehingga sebagian dari mereka berbayang dari matahari. Dengan menambahkan lampu sorot LED, para ilmuwan menyorot tomat yang sedikit terkena sinar matahari.

Dalam berbagai tomat yang menunjukkan reaksi terkuat, tomat menerima cahaya tambahan dari LED mengandung  lebih banyak vitamin C dibandingkan tomat yang tidak terkena LED. Informasi ini sangat berharga untuk industri LED maupun bagi mereka yang tertarik dalam metode pertanian alternatif.