Jika subyek seperti “Big Data” membuat anda tertarik, mungkin anda akan tertarik untuk mengeksplorasi situs “Research Publications at Facebook”, yang mengumpulkan berbagai karya ilmiah yang ditulis oleh para peneliti dan pegawai Facebook sendiri. Mulai dari teknik tingkat tinggi hingga sosiologi social network, ‘perpustakaan’ ini menempatkan pengetahuan open-sourced facebook dalam satu tempat.

Saat ini, untuk sebuah situs yang dirancang untuk memamerkan kecerdasan orang-orangnya Mark Zuckerberg, sayangnya situs ini hanya menawarkan setiap karya ilmiah yang dapat di download dalam bentuk PDF. Alasannya mungkin untuk mempertahankan kemurnian informasi. Facebook dapat meningkatkan perpustakaan kecilnya dengan menawarkan abstraksi di muka, sehingga orang-orang tahu apa yang mereka ingin dapatkan ketika masuk ke research.google.com atau menyoroti artikel yang berbeda pada research.microsoft.com.

Ada banyak sekali informasi yang bisa didapat jika anda mencari kategori ilmu seperti Data Science, Database, dan Machine Learning. Walaupun terkadang Facebook menjadi sedikit lebih agresif untuk melindungi grafik sosial dari kedua Spammer dan Kompetitor. Bagaimanapun mereka sudah cukup bermurah hati dengan kemajuan teknologinya ini. Semua yang telah disebutkan di atas diberikan oleh skema pusat data hijau dan server desain hemat energi melalui proyek Open Compute.

Beberapa artikel yang menarik diantaranya adalah:

Modelling Contagion melalui Facebook News Feed.

Aktivitas Social Network dan Kesejahteraan Sosial.

HipHop kompiler untuk PHP.