Lupakan cara-cara konvensional seperti menggunakan termometer, hygrometer, atau light meter untuk memeriksa cuaca. Karena kini sudah ada cara baru dengan menyebarkan sensor kecil yang akan langsung bisa diakses datanya di smartphone. dengan sensor remote yang secara akurat dapat mengukur dan merekam data spesifik tentang alam.

Berkat proyek dari Wimoto, akan segera diluncurkan solusi murah dan terintegrasi untuk memantau kondisi lingkungan di taman dan rumah kita. Sensor yang disebut Motes ini akan memberikan peringatan ketika sesuatu perlu diperhatikan. Seperti ketika tanaman perlu disiram atau aquarium terlalu panas.

Sensor terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari Climote  yang digunakan untuk presisi suhu, kelembaban dan data tingkat cahaya, Growmote untuk memantau penyiraman dan kebutuhan cahaya dan Thermote untuk pengukuran suhu contactless.

Sensor ini akan merekam data setiap 15 menit, dan mengirimkannya ke iPhone atau iPad menggunakanteknologi SMART Bluetooth.

Motes ini memiliki dimensi 30mm x 30mm x 10mm yang dirancang tahan air dan beragam cuaca.Sementara untuk tenaganya sendiri berasal dari baterai CR2032. umum, yang berlangsung sekitar satu tahun sebelum mereka harus diganti, dan jangkauan efektif untuk transmisi nirkabel ke smartphone adalah sekitar 30-50 meter (line of sight).