Samsung Electronics telah mengembangkan teknologi utama yang akan memungkinkan untuk memberikan koneksi data nirkabel 5G dengan kecepatan tinggi kepada konsumen pada tahun 2020. Sistem ini memungkinkan transmisi data hingga beberapa ratus kali lebih cepat daripada jaringan 4G saat ini.

Teknologi komunikasi mobile 5G adalah generasi penerus dari teknologi jaringan 4G LTE dan dapat menawarkan kecepatan transmisi data hingga beberapa puluh Gbps per BTS. Setelah jaringan 5G dikomersialisasikan nanti, maka akan memungkinkan bagi pengguna untuk mengirimkan file data yang besar, termasuk film UHD dan layanan medis jarak jauh “Praktik tanpa batas,” klaim Samsung.

Koneksi 4G secara bertahap akan tersedia untuk konsumen di seluruh dunia sejak tahun 2008, namun banyak negara, termasuk China, masih berusaha meluncurkan jaringan LTE mereka. Samsung mengatakan, bagaimanapun, berbagai teknologi adaptif pemancar ini dapat mengatasi keterbatasan gelombang milimeter yang dipakai ketika transmisi data jarak jauh. Yang artinya dapat mentransimisikan data dalam pita gelombang milimeter pada frekuensi 28 GHz dengan kecepatan hingga 1.056 Gbps untuk jarak hingga 2 kilometer.

“Pita gelombang milimeter adalah solusi yang paling efektif untuk lonjakan terbaru dalam penggunaan internet nirkabel. Keberhasilan Samsung baru-baru ini dalam mengembangkan berbagai teknologi adaptif pemancar telah membawa kita selangkah lebih dekat kepada komersialisasi komunikasi mobile 5G di pita gelombang milimeter,” Ungkap Executive Vice President & Head of Digital Media and Communication Samsung, Changyeong Kim.

Samsung bukanlah satu-satunya perusahaan yang mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan teknologi utama 5G. pada bulan Februari, NTT DoCoMo mengkonfirmasi bahwa mereka telah berhasil melakukan uji coba nirkabel 10Gbps.