Microsoft sedang berusaha mencari di luar pusat datanya untuk tujuan efisiensi energi yang akan menjadi seluruh landasan operasinya, menurut statement Direktur Strategi Energinya.

Berbicara pada Data Center World Spring 2013, menurut Renewable Energy Magz, sebuah konferensi yang diadakan di Mandalay Bay di Las Vegas, Brian Janous mengatakan sentralisasi data pada sistem cloud, sedang mendorong efisiensi dalam penggunaan energi.

“Dan mungkin semua industri juga sepakat bahwa energi merupakan hal yang sangat penting,” katanya.

Visi dari Microsoft adalah untuk berevolusi dari sebuah perusahaan perangkat lunak tradisional untuk menjadi satu-satunya perusahaan yang menyediakan beragam layanan online, dan hal itu berarti secara dramatik akan meningkatkan skala pengembangan pusat data.

Janous juga mengatakan kepada audiens yang hadir, bahwa berdasarkan pengalaman ini, ia menghimbau dan mendorong kepada seluruh pusat data untuk berpikir lebih luas lagi mengenai efisiensi energi dan jenis energi yang mereka gunakan.

Microsoft juga telah memikirkan lima langkah dalam rangka memperkuat efisiensi energi perusahaan, diantaranya adalah:

1.Fokus pada penghematan.

2.Integrasi

3.Pertahanan

4.Pertumbuhan yang memakai jenis modul terbaru

5.Ekspansi

“Pada tingkat makro, saya berpikir tentang pengembangan sektor listrik selama 100 sampai 150 tahun terakhir, yang pada awalnya dikembangkan sebagai sekelompok komponen, dan kemudian menjadi terpusat pada pembangkit. Hal inilah yang telah kita lihat pada pusat data hari ini,” lanjut Janous.