Berapa liter air yang anda habiskan untuk konsumsi rumah tangga? Berapa pula listrik yang anda pakai sehari-hari? Pertanyaan itu mungkin sulit untuk dijawab. Tapi sebenarnya jika mampu mengetahui dengan pasti konsumsi air dan listrik kita, usaha penghematan mungkin bisa dilakukan dengan baik.

Adalah Belkin, sebuah perusahaan yang dikenal fokus pada bidang renovasi rumah baru sajha meluncurkan versi terbaru dari sensor air dan listrik. Sensor yang disebut Echo ini pada awalnya dirancang untuk digunakan pada bangunan dengan fasilitas besar. Tapi kini, Echo Water dan Echo Electricity juga hadir dalam versi skala kecil. 

Teknis pemasanganya juga cukup sederhana. Sensor diletakkan di bawah westafel untuk kemudian disambungan ke listrik.Selain mendeteksi jumlah konsumsi air dan listrik,sensor ini juga mampu merekomendasikan pilihan untuk menggurangi penggunaan listrik dan air

Menurut Belkin, teknologi Echo adalah salah satu contoh yang paling maju dari Internet of Things yang diluncurkan sampai saat ini”, dan didasarkan pada teknologi yang dikembangkan di Georgia Institute of Technology dan University of Washington. Kedua sistem akan dievaluasi dalam program percontohan di AS tahun ini (termasuk dua lokasi uji menggunakan Echo Listrik di Departemen Pertahanan instalasi), dan diharapkan akan tersedia sekitar tahun 2014.