Seiring dengan perkembangan gadget yang semakin beragam, produk charger baterai juga semakin bervariasi. Setelah hadir charger dari panel surya dan genenarator yang memanfaatkan energi kinetik sepeda, kini hadir juga campstove yang bisa menyediakan sumber daya listrik.

Selain bisa digunakan untuk memasak, alat ini juga mengonversi panas dari api menjadi energi listrik yang bisa digunakan untuk mengisi gadget. Alat yang disebut The VOTO ini dirancang untuk ditempatkan pada bagian bawah kompor.

Menurut perusahaan, VOTO dirancang untuk didukung dengan membakar arang, tetapi juga dapat menggunakan kayu atau varietas lain dari biomassa yang digunakan untuk memasak di negara berkembang. Aksesori yang tersedia untuk langsung pengisian ponsel dan baterai dari perangkat, serta memasukkan kompor untuk orang-orang yang membakar bahan selain arang untuk memasak.

The VOTO ini diklaim dapat terisi penuh (4000 mAh, 1.2V, 4.8Wh) dengan sedikitnya dua periode memasak. Perangkat ini juga didapatkan dari daya lampu LED selama 30 jam saat terisi penuh. Perkiraan biaya untuk pegangan VOTO adalah sekitar $17 (USD), dan sel bahan bakar akan biaya sekitar $ 7, jadi itu adalah cukup murah pilihan, meskipun sel bahan bakar itu sendiri akan perlu diganti setelah tiga atau empat bulan penggunaan mantap.

Spesifikasi Teknis:

USB output standar: 5V ~ 500mA max

Output LED: 25 lumens

6 5/8 “L x 1 7/8” W x 1 3/8 “H

Berat: £ 0,52 (236 g)

Menurut Berkeley Lab, produk ini akan dirilis secara komersial di Kenya tahun ini, diikuti oleh versi dirancang untuk berkemah dan pasar luar di Amerika Serikat.