Tidak ada yang tak mungkin ketika ada sebuah riset yang menggelitik mengenai pengguna Android bakal tergerus oleh keunikan iPhone di 2015 sehingga secara otomatis smartphone besutan Steve Jobs menjadi raja selanjutnya. Menurut lembaga riset dan analis Yangkee Group menguraikan alasannya berdasarkan survei yang mereka lakukan kepada 16 ribu konsumen selama 12 bulan terakhir. 

Survei itu menanyakan smartphone apa yang responden miliki dan smartphone apa yang akan dibeli dalam enam bulan ke depan. Dan hasilnya pun lebih dari 50% mengatakan bahwa mereka menggunakan smartphone berbasis Android, sedangkan hanya 30% yang mengakui menggunakan iPhone.

Namun saat menjawab smartphone keinginan mereka, responden dengan prosentase 42% menjawab akan membeli smartphone dengan OS si robot hijau dan 42% lainnya ingin membeli iPhone. Hal yang cukup berbeda terjadi pada pengguna smartphone Android, yang hanya 76% di antaranya yang masih tetap setia dengan perangkat berbasis sistem operasi besutan Google tersebut. Artinya ada 24% sisanya yang kemungkinan besar bakal beralih ke smartphone dengan platform lain.

“Pembeli smartphone baru, yang kebanyakan merupakan konsumen yang ingin upgrade fitur, bagaikan melompat ke dalam dua ember air tersebut seperti hujan dalam jumlah yang sama. Sementara jumlah yang lebih kecil melompat ke ember milik Windows Phone dan BlackBerry,” ujar Howe dari laporan AllThingsD.

Maka dari hasil riset yang telah mereka lakukan, melihat bahwa pasar yang saat ini didominasi oleh Android, akan berbalik di dua tahun lagi. Android turun tahta, iPhone naik menjadi raja.Apakah prediksini ini benar? Kita lihat saja perkembangannya di dua tahun ke depan.