Sebagaimana diketahui bahwa frekuensi radio untuk penerbangan maupun diluar penerbangan dapat mengancam keselamatan penerbangan. Selain itu, fakta menunjukan bahwa dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan perlu dilakukan perlindungan terhadap penggunaan spectrum frekuensi radio penerbangan dari gangguan, baik yang berasal dari stasiun-stasiun radio penerbangan maupun di luar penerbangan. 

Dan tidak kalah pentingnya, bahwasannya perlindungan terhadap penggunaan spectrum frekuensi radio penerbangan perlu dukungan semua pihak demi keselamatan, keamanan, dan kelancaran penerbangan.

Maka dari itu, Dinas Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) bersama Dinas Perhubungan Udara melakukan penandatangan nota kesepahaman mengenai kerjasama pengamanan spectrum frekuensi radio untuk keperluan penerbangan di Jakarta (26/4). 

“Maksud dan tujuan Nota kesepahaman ini adalah sebagai pedoman bagi jajaran Ditjen SDPPI dan Ditjen Perhubungan Udara untuk berkoordinasi melaksanakan tugas dan fungsinya untuk pengamanan spectrum frekuensi radio penerbangan,” ungkap Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Muhammad Budi Setiawan.