Teknologi yang terus berkembang mendobrak pemikiran yang dulunya tidak mungkin menjadi sangat mungkin. Seperti halnya pemasangan wifi di dalam pesawat. Sebagaimana diketahui bahwa pesawat-pesawat luar negeri pun sudah mulai menggunakan wifi sebagai fasilitas bagi para penumpangnya. Lantas bagaimana dengan Indonesia? 

Dengan ditanda tanganinya nota kesepahaman mengenai frekuensi radio yang dilakukan oleh dua instansi yang terkait yaitu Dinas Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) dan Dinas Perhubungan Udara untuk keperluan penerbangan, maka gerbang bisnis bagi para provider yang ingin berlomba-lomba masuk dalam bisnis ini juga semakin mendekat. 

Menurut Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bhakti mengatakan saat ini sudah ada maskapai penerbangan lokal yang sudah mengajukan proposal.

“Garuda Indonesia dan Lion Air yang sudah mengajukan proposal. Baru dua maskapai penerbangan itu,” ungkapnya setelah acara penandatanganganan MoU di Jakarta (26/4).

Kendatipun demikian, menurutnya untuk maskapai yang menginginkan hal itu ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi sesuai dengan sisi keamanannya dan khusus provider juga harus mengajukan ijin kepada kominfo.