Perkembangan teknologi saat ini menjadikan dasar Massachusetts Institute of Technology (MIT) berencana membuat teknologi layar sentuh dengan media kaca. Rencana riset yang akan dilakukan oleh  MIT tersebut, terkait teknologi layar sentuh elastis yang pernah diciptakannya.

Dilaporkan oleh PhoneArena (21/04), dua peneliti dari MIT bernama Dahirya Dand dan Rob Hemsley telah menciptakan sebuah terobosan anyar berbentuk layar sentuh elastis. Kedua peneliti tersebut mencoba menciptakan layar elastis yang dapat menambah motion atau pergerakan yang bisa dilakukan penggunanya.

Mekanisme kerja layar sentuh elastis ini adalah pada layar datar pengguna yang hanya bisa melakukan gerakan seperti menyentuh dan menggeser saja. Maka pada layar sentuh buatan mereka, pengguna dapat juga melakukan gerakan seperti menekan ataupun menarik layar tersebut.

Untuk menciptakan layar tersebut, Dand dan Hemsley telah membangun sebuah prototype layar sentuh elastis dengan bantuan proyektor, actuator, depth camera, dan layar berbahan silikon untuk mendeteksi tekanan pada layar.

Andai saja nantinya layar tersebut bisa dikomersilkan, sudah barang tentu layar sentuh yang ada dipasaran akan ditinggalkan. Kita lihat saja perkembangan dari penelitian ini.