Presiden British Columbia University atau dikenal dengan UBC Stephen Toope; kemarin meluncurkan sistem baru prototipe smartgrid yang bekerjasama dengan mitranya Alpha Technologies Ltd dan Corvus Energi. Melalui proyek ini, mampu mengintegrasikan 1MW/hour energi yang tersimpan. Nantinya, energi yang dihasilkan akan didistribusikan ke jaringan listrik yang mendukung tiga fasilitas kampus utama.

“Kemitraan ini merupakan kesempatan untuk menggunakan kampus sebagai laboratorium hidup, mengintegrasikan penelitian dengan operasi dan teknologi berkembang  yang bertujuan untuk memecahkan tantangan penggunaan smartgrid,” kata Prof Toope dari UBC yang dilansir dari VentureBeat (20/4).

Ke depannya, Alpha Technologies Ltd, Corvus Energi, dan peneliti dari UBC akan mengembangkan perangkat lunak sistem kontrol otomatis dan mempelajari kapasitas aliran energi untuk menyediakan cadangan kebutuhan energi yang dapat  terintegrasi dengan grid pusat.  

Penelitian dan data yang dihasilkan oleh proyek ini akan membantu menunjukkan dan mengevaluasi solusi energi bersih yang  terukur untuk sebuah kota. Di sisi lainmembantu UBC dalam mencapai tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 100 persen di tahun 2050.