Berdasarkan pemberitaan dari BBC (19/4), dua perusahaan raksasa dunia  Google dan Microsoft, dikabarkan mencatat kenaikan keuntungan pada kuartal pertama 2013. Untuk perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin ini, laba kotor yang diterima perusahaan mereka menjadi 3,35 miliar dollar AS dalam tiga bulan pertama tahun ini atau naik 16% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Tak lain, kenaikan signifikan ini berasal dari pendapatan iklan digital yang diterima.

Sedangkan, Microsoft naik menjadi 17% menjadi US$6 miliar, pendapatan yang diterimanya meleset dari perkiraan para pengamat keuangan. Hasil yang diterima Microsoft saat ini karena perubahan dalam penjualan produknya ke perusahaan-perusahaan besar dan upaya pemotongan biaya operasi. 

“Microsoft telah berhasil beralih ke sebuah perusahaan perangkat lunak komputer dan hasil ini memperlihatkannya,” kata Kim Caughey Forrest dari Fort Pitt Capital.

Adapun Google juga mencatat peningkatan pendapatan sampai US$14 miliar dalam kuartal pertama 2013 akibat berkembangnya digital advertisingnya. Dalam kuartal pertama tahun lalu, pemasukan Google sebesar US$10.7 miliar. Kenaikan pendapatan, menurut para pengamat, memperlihatkan Google mulai meningkatkan keyakinan para pemasang iklan dengan digital advertisingnya.