Sebuah terobosan anyar datang dari peneliti dari UCLA dan UC Berkeley. Inovasi yang mereka ciptakan baru-baru ini adalah bagaimana keseluruhan enzim telomerase yang kompleks mampu bekerja secara bersinergi dan berfungsi dalam struktur tiga dimensi. 

Enzim telomerase berfungsi sebagai bahan DNA untuk memberikan kestabilan dalam kromosom. Lahirnya temuan ini diklaim oleh para peneliti memainkan peran penting dalam penuaan dan kanker serta membuka sejumlah pendekatan baru untuk memerangi penyakit. Hasil penelitian ini muncul pada 11 April di edisi cetak Jurnal Nature dan tersedia secara daring.

“Semua orang ingin tahu seperti apakah telomerase itu dan kami pun berupaya menghadirkannya dan kami adalah yang pertama,” kata seorang profesor kimia dan biokimia dari UCLA, Juli Feigon yang dilansir dari Technology.org (13/04). 

Melalui temuan baru ini, selain menambahkan deretan penemuan dalam bidang science juga memberikan referensi untuk memperhitungkan cara obat dan molekul agar mampu bereaksi dengan target seperti penyakit kanker. Sederhananya adalah agar ramuan yang tercipta dari kumpulan telomerase ini mampu menjangkau sasaran penyakit lebih tepat.