Sebagai negara yang mendukung tumbuhnya energi terbarukan di penjuru dunia, Jerman mendukung pembangunan energi terbarukan di India dengan memberikan pinjaman lunak sekitar US$1,3 miliar untuk jangka waktu enam tahun mulai tahun depan.

Proyek kerjasama ini, ditandatangani antarkedua negara yang dibuat dalam Joint Declaration of Intent bersama Menteri Energi Terbarukan India, Farooq Abdullah dan Gudrun Kopp Sekretariat Negara bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman di Berlin baru-baru ini. Perjanjian tersebut ditandatangani di hadapan Perdana Menteri Manmohan Singh dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Rencananya, bantuan yang diberikan Jerman selain pembangunan energi terbarukan, digunakan juga untuk membiayai pembangunan solusi teknis. India telah menjadi mitra utama kerjasama pembangunan Jerman selama lebih dari lima dekade dan kedua negara saat ini berfokus pada perlindungan lingkungan dan memerangi perubahan iklim, promosi menggunakan energi terbarukan dan efisiensi energi.

“Tidak ada alternatif untuk membangun energi terbarukan dalam memerangi perubahan iklim. Membangun energi terbarukan sangat penting untuk membawa pembangkit listrik di India selaras dengan perlindungan lingkungan,” kata Kopp yang dilansir dari Zeenews.india.com (14/04).