Sebuah terobosan penting dalam dunia kesehatan telah dilakukan oleh para peneliti dari Massachusetts General Hospital di Boston Amerika Serikat. Para ilmuwan ini berhasil membuat kembali ginjal tikus di laboratorium yang disaring dari darah. Meski masih skala ujicoba, penelitian ini diproyeksikan untuk bisa diterapkan pada ginjal manusia.

Para peneliti ini melucuti organ donor sel ginjal dengan proses kimiawi. Mereka menyaring sel ginjal yang terdiri dari protein ini dan melengkapi struktur ginjal dengan sel dari tikus kedua yang baru lahir dan memungkinkan sel untuk tumbuh dalam inkubator

Meskipun organ yang dihasilkan tidak seefisien ginjal sebenarnya, para peneliti ini terus berupaya agar terobosan ini bisa memungkinkan transplantasi ginjal yang lebih baik. Jika berhasil, penelitian ini jelas akan menjadi sebuah terobosan penting dalam dunia kesehatan. Data menyebutkan, saat ini 10 persen dari sekitar 100 ribu orang amerika membutuhkan transplantasi ginjal.

Ini memang bukan satu-satunya usaha untuk menciptakan ginjal buatan. Pada April 2012, US Food and Drug Association memilih perangkat ginjal buatan yang dibuat oleh  Blood Purification Technologies Inc untuk program fast-track.