Demam broadband generasi ke-4 atau 4G memang sedang mendunia. Tak terkecuali di negeri Pizza Italia. Wind, operator ponsel terbesar ketiga di negeri itu telah menghabiskan dana hingga US$1,3 miliar untuk membangun 4G. Wind bersaing dengan operator lainya seperti Telecom Italia dan Vodafone.

Investasi ini akan menggunakan teknologi dari Sirti yang juga berasal dari Italia, serta Huawei asal negeri tirai bambu Cina. Di Eropa, Huawei memang tengah gencar menjajakan teknologi 4G kepada perusahaan-perusahaan di Eropa. Bersama Wind, Huawei sendiri akan menjalin kerjasama selama lima tahun. 

Sebelumnya, Huawei sudah menjadi pemasok dari tiga perusahaan ponsel lainnya Italia dan telah memenangkan kontrak 4G dengan EE di Inggris dan Vodafone di Jerman. Tapi di negeri Paman Sam Amerika, Huawei justru tidak ikut meramaikan pasar.

Ericsson saat ini memang masih menjadi pemimpin dalam hal peralatan telekomunikasi global. Nokia Siemens Networks dan Huawei saling bersaing memperebutkan tempat kedua. Sementara itu, Alcatel yang fokus menggarap pasar Amerika justru mengalami kinerja buruk di Eropa.