Bagaimana bentuk turbin angin yang ada di kepala anda? Baling-baling raksasa bisa jadi menjadi salah satu jawabannya. Tapi kini tim dari Universitas of Wollongong Australia telah menciptakan desain baru yang di klaim lebih efisien.Tidak hanya lebih efisien, desain yang dinamakan PowerWINDows ini dapat diintegrasikan pada bangunan kota dan gedung pencakar langit.

Tim yang dipimpin oleh Profesor Farzad Safaei ini sedang merencanakan untuk membangun prototipe untuk tahap pengujian, yang kemudian akan dibangun untuk versi komersil. Safaei menyatakan, desain baru ini akan memangkas biaya instalasi turbin angin yang biasanya dipasang di lokasi-lokasi tertentu. Dengan desain yang bisa dipasang di perkotaan, jelas akan memangkas biaya transportasi.

UOW mengatakan bahwa desain menggunakan jendela berpanel yang berputar lembut dan menyerupai venetian blinds, dengan pisau yang bergerak secara vertikal untuk menghasilkan listrik. Menurut Safaei, desain ini akan berbaur baik di lingkungan perkotaan, seperti jendela-seperti bentuk dapat dicat agar sesuai dengan bangunan sekitarnya.

Selama empat tahun bekerja, tim ini akhirnya menjalin kerjasama dengan Birdon-sebuah perusahaan rekayasa terkemuka Australia- dengan durasi 2 tahun.