IDC baru-baru ini melakukan survey untuk penjualan PC di seluruh dunia pada kuartal awal 2013. Hasil surveinya menunjukan bahwa penjualan PC dunia menurun 13,9%. Hasil riset yang dilakukan mereka ini dikatakan terburuk semenjak melakukan survey sejak 1994. 

Pengapalan PC saja untuk skala global pada kuartal pertama 2013 adalah 76,3 juta unit, sebuah penurunan besar jika dihitung dalam kurun waktu empat tahun ke belakang secara berturut-turut. Meskipun ada beberapa perbaikan ringan pada model PC baru di antaranya yang menawarkan Windows 8, ternyata ini tidak mempengaruhi tumbuhnya penjualan PC dunia.

“Ini merupakan penurunan yang cukup signifikan untuk seluruh wilayah dunia,” ujar IDC Program Vice President, Clients and Displays; Bob O’Donnell yang dikutip dari TheSofiaGlobe (11/04).

Tak lain hal ini diduga karena tumbuhnya pasar smartphone dan tablet yang menjulang tinggi dan memaksa penjualan PC dunia harus rela terpuruk. 

Meski sebelumnya prediksi pasar sudah menduga bakal ada banyak transisi penggunaan dari PC ke tablet, namun hasil studi ini ternyata lebih buruk dari dugaan semula