Meski secara global angka penjualan peralatan elektronik menyusut, Head Regional Panasonic Eropa-Laurent Abadie-justru menyatakan angka penjualan di benua biru itu tidak mengalami penurunan. Kawasan Eropa sendiri menyumbang sekitar 10 persen dari total penjualan Panasonic, dimana perusahaan asal Jepang itu mempekerjakan 12.000 orang di Eropa.

Panasonic memang dikabarkan tengah merestrukturisasi perusahaannya setelah berjuang keras mengahadapi para pesaingnya seperti Samsung Electronics dan LG Electronics.

Presiden Direktur Panasonic, Kazuhiro Tsuga bahkan tahun lalu mengejutkan para investor dengan menggambarkan Panasonic sebagai “pecundang”. Kazuhiro juga menyatakan akan mulai merambah bisnis otomotif dan perumahan sebagai antisipasi jatuhnya angka penjualan elektronik.

Mengapa Panasonic bisa berhasil menggarap pasar Eropa? Abadie menyatakan konsumen di Eropa banyak menghabiskan pada item high-end sebagai investasi masa dengan mereka.

Dari hasil riset pasar yang dilakukan oleh GFK, Samsung saat ini merajai pasar Eropa dengan 26 persen. Diikuti kemudian oleh LG (12 persen) dan Panasonic 10 persen.