Ericsson dikabarkan telah membuat kesepakatan membeli Microsoft Corp Mediaroom IPTV business. Langkah ini akan membuat perusahaan telekomunikasi asal Swedia lebih mudah untuk mengembangkan layanan televisi melalui internet. Bagi Microsoft sendiri, hal ini menandai putus asanya raksasa software ini untuk memasarkan televisi internet yang dinilai tidak mampu memberikan keuntungan maksimal.

“Sebelumnya, Ericson telah membeli Optimi sebesar US$99 juta dan LG Nortel senilai US$234 juta,” ujar Ove Anebygd, Wakil Presiden dan Kepala TV di Ericsson. 

Dengan akuisisi ini, Ericsson juga menyatakan akan menggarap 25 persen pangsa pasar IPTV global. Platform Mediaroom sendiri telah ditawarkan lebih dari 40 operator dan didukung 22 juta set-top box di seluruh dunia. Beberapa perusahaan yang menggunakan jasa Mediaroom Microsoft ini antara lain AT & T, Deutsche Telekom, Telefonica dan Swisscom.

Ericsson mengatakan pasar IPTV global diperkirakan mencapai 76 juta pelanggan pada tahun 2013 dengan pendapatan sebesar US$32 miliar. Angka ini diperkirakan akan tumbuh menjadi 105 juta pelanggan dengan nilai bisnis mencapai US$45 miliar pada tahun 2015.