Angka Rp 2,5  triliun adalah keuntungan Minecraft – developer game asal Swedia-  dengan download lebih dari 10 juta kali. Tentu saja, game ini menjadi ‘tambang uang’ dan catatan sejarah bagi game tersebut. Siapa sangka, game yang diproduksi tanpa campur tangan label besar ini begitu memikat para gamer. Sejak dirilis dalam versi download full version November 2011 lalu, angka unduhan yang tercatat seakan tak pernah berhenti untuk didownload hingga sekarang.

Game yang dibanderol dengan harga 19,95 euro atau sekitar Rp 250 ribu untuk pengguna PC, Mac, dan Linux. Demikian diungkapkan langsung oleh penciptanya, Markus ‘Notch’ Persson, via Twitter. Uang yang dihasilkan belum termasuk penjualan game yang juga tersedia untuk konsol Xbox.

Minecraft sejatinya cuma salah satu game sederhana yang menantang para pemain untuk membuat bangunan, menciptakan lingkungan hidup, dengan segala sumber daya yang ada. Game yang memungkinkan pemain untuk membangun dan menambang dalam lingkungan virtual yang memiliki tampilan dan nuansa dari sebuah game 8-bit dari awal ’80-an ini, juga telah melahirkan video YouTube yang tak terhitung jumlahnya dimana para gamer memamerkan dan mendiskusikan hasil karya Minecraft mereka.