Untuk meningkatkan penetrasi Facebook ke dalam smartphone, jejaring sosial yang satu ini telah meluncurkan software yang mengakomodir kebutuhan pengguna smartphone. Software yang disebut “home” ini membuat pengguna smartphone lebih mudah mengakses fitur-fitur Facebook seperti foto, pesan serta update status.

CEO Facebook Mark  Zuckerberg mengatakan aplikasi ini mulai tersedia pada smartphone Samsung dan HTC yang bebasis Android. Aplikasi ini sebenarnya dimaksudkan untuk menjaring pengiklan Facebook yang berbasis smartphone.

“Home” akan memiliki update bulanan yang dapat diinstal dari Google Play dan akan tersedia pada tablet dalam beberapa bulan mendatang. 

Zuckerberg sendiri mengatakan ia melihat peluang untuk mendorong fitur perusahaan lebih dalam perangkat mobile. HTC mulai menjual “ChaCha,” sebuah ponsel berbasis Android dengan tombol Facebook khusus untuk berbagi musik, foto dan pesan, pada tahun 2011. 

Layanan mobile iklan Facebook memang baru dimulai pada Maret 2012. eMarketer memproyeksikan Facebook  akan meraih 12 persen dari pangsa pasar pada tahun 2015, turun dari 13 persen tahun ini.