Pengguna YouTube di dunia yang kian bertambah, menjadikan media ini sangat berpotensial untuk dijadikan ajang promosi. Music Weekly melaporkan bahwa lembaga asal Perancis, Society of Authors, Composers and Publishers of Music (SACEM) dan Universal Music Publishing (UMP) sepakat melakukan kerjasama dengan YouTube untuk mendistribusikan musik SACEM dan UMP ke 127 negara di wilayah Eropa, Timur Tengah, Asia dan Afrika.

“SACEM bangga telah menjadi lembaga resmi di dunia yang mengikat kerjasama besar dengan YouTube, platform video terbesar di dunia,” ujar CEO SACEM Jean-Noel Tronc, seperti dilansir Mashable.

Tak hanya itu saja, UMP bekerjasama dengan dua jaringan besar milik YouTube, yakni Maker Studios dan Fullscreen, Inc. untuk perjanjian yang memungkinkan pencipta konten di YouTube juga bisa menggunakan konten UMP di sejumlah video mereka.

Beberapa waktu yang lalu YouTube juga dikabarkan akan memperbarui kontrak kerjasama mereka dengan Vevo, yang dimiliki oleh Universal bersama dengan Sony Music Entertainment.