Milyaran pengguna Facebook berikutnya mungkin tak perlu memiliki smartphone atau bahkan koneksi internet. Facebook Phone akan merubah stigma pengguna Facebook berikutnya. Melalui transaksi operator yang cerdas, handset bersubsidi, dan akses data gratis yang terbatas, Facebook dapat menjamin perkembangan pasar yang akan dimulai melalui friend request sebagai pengalaman pertama mereka. Hal tersebut tentunya akan mengubah populasi pengguna Facebook di kawasan Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika Latin sebagai pengguna Facebook seumur hidup.

Rencana internasional ini mungkin tak akan banyak kita dengar pada event besar peluncuran Facebook Home on Android kemarin. Sementara handset dan perangkat lunaknya harus dikembangkan dengan tim yang profesional, persoalan bisnis akan lebih mudah dijalankan. Spekulasinya adalah karena kelihatannya hanya akan sedikit hambatan yang menghadang.

Secara keseluruhan, aksesibilitas merupakan pondasi dasar dari strategi Facebook Internasional untuk setahun kedepan. Quartz memiliki dasar yang sangat bagus untuk Fascebook Zero, satu-satunya versi free text dari jejaring sosial yang menawarkan kerjasama dengan operator lokal yang pada akhirnya menggiring mereka pada pertumbuhan pesat di pasar negara berkembang seperti Afrika. Idenya sendiri adalah bahwa Facebook ingin mendapatkan fitur pengguna Facebook Phone kecanduan dari segala jenis pelayanannya. Operator mensubsidi akses Facebook Zero dengan harapan para kliennya akan mau membayar upgrade untuk mendapatkan real data plan dalam versi penuh Facebook dan keseluruhan web terkait dikarenakan akan memancing rasa penasaran mereka.

Meskipun, Facebook mendapat dongkrakan pengguna internasionalnya. Mereka belum cukup bernilai sekarang. Jadi pertanyaannya adalah, kapan Facebook Phone akan diluncurkan?

Mungkin untuk saat ini Facebook masih perlu untuk mempercepat pendewasaannya. Facebook kemungkinan akan bekerjasama dengan HTC atau pembuat handset lainnya untuk menambah estimasi dana untuk Android Smartphone dan rekanan operatornya untuk mensubsidi akses Facebook terbatas. Yang dapat memungkinkan Facebook mengeluarkan Smartphone yang murah, atau, sampai tahap tertentu, bebas digunakan dan dimiliki. Serta pada perangkat tersebut, Facebook tidak akan lagi dijadikan sebagai aplikasi ‘pilihan’ seperti Facebook Zero atau Facebook for Every Phone.