Persepsi masyarakat luas mengenai industri game di Indonesia memang masih sangat minim. Meskipun begitu, peluang dari industri ini sangatlah besar seiringan dengan pesatnya perkembangan teknologi-teknologi pendukungnya. Nampaknya industri game tanah air kini mulai menjamur. Rabu lalu (19/03) ITB dan Segitiga.Net bekerjasama mengadakan rangkaian program Gamechanics  Talk. Program ini diisi talk show bertema “Arah Media Digital dan Game Indonesia” dan juga diisi oleh seminar dari beberapa pakar di berbagai bidang.

Dalam talk show tersebut, Gamechanics Talk mempertemukan pihak-pihak dari pemerintahan, akademik, dan juga industri. Para pembicara akhirnya menyepakati bersama untuk membangun industri game Indonesia dan bahwa serious game atau Gamification adalah solusi arah industri game Indonesia yang juga mampu menjadi soft power bagi Indonesia.

“Serious Game atau Gamification adalah solusi strategis game Indonesia,” jelas Lolly Amalia Abdullah (Direktur Kerjasama dan Fasilitas Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, IPTEK Kementrian Parekraf).

Dalam pembukaan Gamechanics Talk juga dikemukakan akan hadirnya Indonesia Digital Media Forum (IDMF) sebagai media komunikasi antarpelaku industri digital, termasuk game yang bertujuan untuk membangun ekosistem yang sehat dan kuat untuk industri digital Indonesia.

IDMF sendiri nantinya akan diluncurkan pada bulan November 2013 mendatang pada acara Gamechanics Fest. Sebagai bocoran, sebelum Gamechanics Fest akan dilaksanakan Gamechanics Race yang akan memperlombakan game design atau konsep game.