Siapa yang tak suka bermain game? Dengan pertumbuhan device yang semakin pesat, setiap orang dapat memainkan game yang disukainya hampir di setiap tempat. Hal ini tentu menjadi ladang bisnis tersendiri bagi para developer game. Jika sebelumnya pasar game masih didominasi produk dari luar negeri, kini developer dalam negeri mulai melirik pasar game.

Dari sekitar  42 game developer Indonesia di tahun 2010, diperkirakan telah diproduksi 400 game karya anak bangsa. Sementara saat ini diprediksi terdapat lebih dari 100 game developer Indonesia dengan setidaknya 900 game yang telah diproduksi. 

Lantas sejauh mana sebenarnya perkembangan industri game Indonesia? Pertanyaan itulah yang coba dijawab lewat gelaran Gamechanics, sebuah program rangkaian acara dengan tujuan membangun ekosistem yang sehat bagi industri game Indonesia, menyampaikan potensi besar game dalam pendidikan, kesehatan, bisnis, pemberdayaan masyarakat, dan berbagai bidang lainnya, yang pada akhirnya akan membentuk karakter game Indonesia dan membawa industrinya ke level yang selanjutnya.

Rangkaian acara yang dihelat oleh Segitiga.Net bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung ini sebenarnya sudah dimulai sejak 27 November 2012 berupa Gamemechanics Course. Selanjutnya, tanggal 19 Maret 2013 akan dilangsungkan Gamemechanics Talk di Aula Barat ITB.

Mengambil tema “Arah Media Digital dan Game Indonesia”, talkshow ini akan menghadirkan pihak-pihak terkait seperti dari dari pemerintahan (Kementerian Parekraf), akademik (ITB), dan industri (Telkom, Bank Mandiri, dan Kummara). Diantara berbagai pembicara yang diundang antara lain Bullitt Sesariza (co-founder PT Logika Interaktif), Abang Edwin Syarif Agustin (social media expert), Indrawan Nugroho (direktur KUBIK Training), dan FM Siddharta (trade marketer dan host Indonesia Bersaing).

Dalam seminarnya, Gamechanics Talk akan membahas berbagai perspektif baru dalam implementasi game di bidang yang lebih luas. Implementasi game yang tidak lagi hanya sekedar fun adalah salah satu pesan utama yang akan disampaikan, dan diharapkan membuka peluang bisnis baru dan mampu mengoptimalkan segala kegiatan di berbagai industri lainnya. 

Nah..jika anda memang ingin tahu lebih lanjut tentang dunia game di Indonesia, acara ini tentu akan sangat bermanfaat. 

 

Media Contact

Aughya Shandriasti

+62 8128562611

aughya@segitiga.net