Sebuah peraturan penting dari dunia bioteknologi datang dari benua biru Eropa. Baru-baru ini, Uni Eropa telah melarang pemasaran produk kosmetik yang menggunakan hewan sebagai ujicoba.

“Berlakunya peraturan ini memberikan sinyal penting bahwa Eropa konsen pada kesejahteraan hewan,” ujar Tonio Borg, seorang Komisioner Eropa yang bertanggung jawab atas kebijakan kesehatan dan konsumen.

Dalam pernyataan resminya, Uni Eropa berkomitmen untuk terus mengembangkan metode alternatif di bidang produk kosmetik yang aman terhadap konsumen. Dengan peraturan baru ini,tidak akan ada lagi pengujian hewan untuk produk kosmetik. Pengujian hewan masih diperbolehkan dengan kerangka hukum yang lebih ketat. 

Menurut statistik Komisi, industri perlengkapan mandi dan kosmetik di Eropa bernilai lebih dari € 70 miliar, yang mewakili hampir setengah dari pasar global untuk kosmetik. Tak kurang dari 184.000 orang diperkirakan secara langsung dipekerjakan oleh industri kosmetik di Uni Eropa. 

Di Uni Eropa, pengujian hewan untuk produk kosmetik sebenarnya selesai sudah mulai dilarang sejak tahun 200. Namun pelarangan itu terus molor hingga karena masih ada beberapa alternatif yang perlu diperbaiki.