Operator selular terkemuka Cina—China Mobile—menyatakan akan meluncurkan teknologi 4G tahun ini.  Selama ini, China Mobile memang tengah mengalami dekadensi keuntungan. Perusahaan dengan nilai US$220 miliar ini memperkirakan laba bersih hanya naik 1,2 persen  menjadi US$20,5 miliyar. Ini merupakan pertumbuhan keuntungan paling lambat sejak tahun 1999. 

Sebagian besar dari pelanggan China Mobile tertarik pada pada cakupan jaringan yang luas. Sementara hanya sedikit pelanggan yang tertarik karena keunggulan teknologi. Saat ini hanya 13 persen dari pelanggan China Mobile yang menikmati teknologi 3G. Bandingkan dengan pesaingnya seperti China Telecom yang mencapai 44 persen.

Berapa investasi yang harus dikeluarkan untuk menggarap pasar 4G di Cina? Analis memperkirakan China Mobile akan menghabiskan US$3 miliar per tahun untuk mengembangkan 4G. Xi Guohua, direktur perusahaan menyatakan akan membangun 200 ribu BTS 4 G untuk meng-cover lebih dari 100 kota di Cina yang akan menyuplai sekitar 500 juta pengguna potensial.

Sementara itu, Jim Tang, seorang analis dari SWS Reasearch menyatakan Cina memerlukan waktu 18 bulan sampai teknologi dan pasar benar-benar siap untuk skala komersialisasi.