Satu lagi inovasi anyar datang dari Jerman yaitu Laboratorium Thalmic, Karlsruhe Insititue of Technology (KIT) yang memperkenalkan gerakan tangan menghasilkan teks digital. Menulis dengan gerakan tangan dan menghasilkan teks digital merupakan inovasi teknologi terbaru yang diperkenalkan Laboratorium Thalmic. Inovasi teknologi ini, mereka sebut konsep ‘Airwriting’.

Cara kerja teknologi ini dengan menggunakan sarung tangan khusus, yang mana seseorang dapat menuliskan teks digital hanya dengan gesture tangan. Nantinya, konsep airwriting ini dapat digunakan sebagai media alternatif dalam penulisan email, pesan singkat atau aplikasi mobile lainnya. Sarung tangan canggih itu dilengkapai dengan berbagai teknologi yang terhubung dengan komputer secara nirkabel, di antaranya accelerometers dan gyroscopes.

Tak hanya itu, sistem ini dapat belajar gaya tulisan tangan individu, dan saat ini ‘Airwriting’ telah memiliki kosakata lebih dari 8.000 kata. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, konsep ‘Airwriting’ ini semakin memikat bahwa teknologi akan terus berkembang pesat. Semoga saja konsep ini mampu diproduksi massal untuk kepentingan manusia.