Google baru saja mengumumkan bahwa mereka baru saja meluncurkan fitur baru untuk Chrome Beta for Android yang dapat mempercepat web browsing dan menghemat penggunaan bandwidth bagi pengguna mobile Chrome. Dengan diberlakukannya fitur ini, maka segala web request anda akan diarahkan melalui server Google, yang kemudian akan menggunakan Pagespeed libraries-nya untuk menekan dan mengoptimalisasikan kapasitasnya.

Sebenarnya, koneksi ke browser dari server Google kemudian diambil-alih oleh SPDY Protocol, yang pada akhirnya dapat mengoptimalisasikan kapasitasnya lebih jauh lagi.

Secara keseluruhan, menggunakan proxy ini dapat menekan penggunaan data sebesar 50%.

Hanya dengan menggunakan Pagespeed libraries untuk melakukan transkode gambar ke dalam format web Google yang mendukung ketimbang format JPEG dan PNG akan membuat perbedaan yang signifikan karena 60% dari semua byte yang ditransfer pada halaman rata-rata merupakan gambar.

Dalam pengumumannya juga menurut pemberitaan di Techcrunch, ahli software Google menyatakan bahwa proxy ini melakukan kompresi yang cerdas, meminimalisir sumber HTML, JavaScript dan CSS, serta menghilangkan spasi dan hal-hal lain yang tidak diperlukan dalam membuat sebuah halaman.

Untuk mengaktivasi fitur tersebut, silahkan kunjungi chrome://flags pada browser anda dan pilih “Enable Data Compression Proxy.” Meskipun ini terlihat sedikitnya seperti Turbo mode Opera, namun perbedaannya di sini adalah semua halaman browser masih diserahkan pada browser pengguna sendiri dan semua jenis JavaScript masih dapat dieksekusi secara lokal.

Yang juga menarik dari penawaran versi beta dari Chrome ini adalah ketersediaan password dan pengisian otomatis seperti yang sebelumnya hanya dapat digunakan untuk Chrome desktop.