Merasa tak mampu menyaingi dua jawara smartphone saat ini—Apple dan Samsung—Nokia kini sedang mengincar posisi ketiga yang diperebutkan bersama Blackberry. Bekerjasama dengan Microsoft, Nokia sudah memperkenalkan generasi terbaru dari Smartphone Lumia pada gelaran Mobile World Congress di Barcelona.

Nokia yang dulu berjaya sebelum maraknya era smartphone kini harus tertatih-tatih menghadapi pasar. Bersama Blackberry, saham Nokia anjlok hampir 90 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir. 

Chief Executive Officer Nokia Stephen Elop, yang bergabung dari Microsoft pada tahun 2010, mulai mengembangkan sistem operasi Windows untuk Nokia, setelah Symbian jatuh. Pada kuartal ke-4 penjualan Lumia melonjak hingga 4,4 juta unit pada kuartal keempat. Angka ini merupakan 75 persen dari total penjualan windows phone. 

Saat ini, pasar smartphone dunia 90 persen memang dikuasai Apple dan Samsung. Sementara 3,2 persen Blackberry mendapatkan porsi sekitar 3,2  persen. Di lantai bursa sendiri, saat ini saham Nokia naik 3,9 persen menjadi 2,83 euro.