Bayangkan jika anda dapat mencetak apa saja yang muncul di kepala anda disaat-saat paling membutuhkannya. Misalnya saat binatang peliharaan anda memecahkan piring atau barang pecah-belah di rumah, anda dapat dengan mudah menggantikannya dengan teknologi cetak 3 dimensi. Percetakan 3 dimensi nampaknya akan menjadi salah satu aspek teknologi yang akan menjadi legenda sepanjang sejarah kehidupan manusia. Contoh tadi hanyalah sebagian kecil dari karya yang dapat dihasilkan oleh teknologi cetak 3 dimensi. Bukan tidak mungkin anda dapat mencetak apa saja di masa depan, saya ulangi, apa saja.

Makerbot dan Form 1 telah berhasil merubah sudut pandang kita dalam memproduksi sesuatu, keduanya merupakan contoh printer 3 dimensi.
Bagaimana jika anda menambahkan mobil ke dalam daftar imajinasi yang anda miliki?
Mobil hasil teknologi cetak 3 dimensi bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk direalisasikan. Jim Kor adalah seorang insinyur mesin profesional yang memiliki 35 tahun pengalaman merancang beragam jenis mesin otomotif, agrikultur, dan sebagainya. Ia merupakan perancang senior, pemilik dari Kor Product Design dan pemimpin dari proyek The Urbee.

Pemberitaan dari techcrunch mengabarkan bahwa The Urbee sendiri adalah mobil listrik roda tiga yang sepenuhnya dirakit dengan mesin cetak 3 dimensi. Anda pasti bertanya-tanya bagaimana menciptakan sebuah mobil dengan teknik cetak 3 dimensi? Sama halnya seperti Makerbot dan Form 1 yang telah merubah sudut pandang kita dalam memproduksi barang-barang. The Urbee memiliki target untuk kurang lebih merubah cara pandang kita dalam proses pembuatan mobil.

The Urbee merupakan buah karya Jim Kor dan timnya di Kor Ecologic, perusahaan yang berdedikasi semata-mata untuk pembuatan mobil 3 dimensi. Ada beberapa visi yang mereka tampilkan pada website proyek The Urbee, di antaranya adalah:

  1. Penghematan energi yang terpakai per kilometer
  2. Menyebabkan paling sedikit polusi yang memungkinkan sejak proses produksi, pemakaian, serta pada saat daur ulang
  3. Menggunakan bahan-bahan terdekat yang mudah didapat pada tempat dimana proses pembuatan mobil berlangsung

Jim Kor menginginkan untuk membuat mobil masa depan yang hemat energi dan mudah diproduksi. Kor menjamin The Urbee dapat dikendarai dengan aman di jalan raya. Dia juga mengharapkan The Urbee akan lulus uji kelayakan demi merealisasikan inovasi teknologi yang ramah lingkungan bagi masyarakat. Tentu saja The Urbee tidak sepenuhnya terbuat dari plastik, mesin dan kerangkanya tetap terbuat dari stainless.

The Urbee mungkin lebih terlihat seperti mouse komputer raksasa, tapi jika Kor dan tim berhasil, The Urbee akan memiliki manfaat yang besar pula bagi masyarakat di seluruh dunia.