Belum lama ini IBM mengirimkan relawan Corporate Service Corps (CSC) ke Bandung guna membantu pemerintah setempat kembangkan keahlian yang dibutuhkan dalam pasar persaingan global. Sebanyak 10 orang karyawan IBM terbaik dari berbagai negara membantu program ini di antaranya dari Kanada, Irlandia, Amerika Serikat, Belanda, Italia, Brazil, dan India.

Kurang lebih sebulan ke depan, tim CSC akan bekerjasama dengan Departemen Komunikasi dan Informatika provinsi Jawa Barat, Badan Perencana Daerah Jawa Barat (Busdalispa), dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT). Tim sukarelawan IBM rencananya akan membantu kembangkan jalur jaringan di provinsi Jawa Barat untuk menjadi Provinsi Cyber.

Pihak IMB menilai Jawa Barat sebagai pasar yang sangat penting. Maka dari itu, IBM berkomitmen untuk membantu pertumbuhan inovasi di wilayah tersebut. Melalui berbagai inisiatif seperti program CSC di Bandung ini, IBM memperkuat fokusnya pada pasar-pasar di luar kawasan metropolitan dan memperluas jangkauannya ke masyarakat di luar dunia bisnis tradisional.

“Selama lima tahun terakhir ini, IBM telah memanfaatkan sumber dayanya yang paling berharga untuk mengatasi berbagai masalah pelik yang ada di dunia,” kata Country Manager and Marketing IBM Indonesia, Hartini Harris.

Ia pun berharap dengan kemitraan yang berkesinambungan dengan berbagai komunitas di Indonesia akan tercipta hasil yang signifikan dan konkrit di waktu mendatang. Program CSC ini digagas sudah lima tahun yang lalu untuk membantu masyarakat sekitar dan menjadikan karyawan-karyawan IBM yang professional mengatasi masalah pelik di negara-negara berkembang.