Tak mau kalah dari pesaingnya, pembuat browser Firefox—Mozzila—sedang bersiap untuk meluncurkan Operating System (OS) smartphone, yang akan menantang dominasi Google dengan android-nya dan Apple dengan IOS-nya.

OS yang rencananya akan dirilis pada bulan Juli 2013 ini telah merebut dukungan dari 13 penyedia layanan nirkabel di seluruh dunia, mulai dari Telefonica di Spanyol, Unicom di Cina serta Movil di Amerika Serikat.

Selain berbasis open source, keunggulan OS ini didasarkan pada standar web terbuka dan mampu beroperasi pada perangkat dengan spesifikasi hardware yang lebih rendah dari yang ada saat ini. Smartphone pertama akan mulai dipasarkan musim panas ini di Brazil, Columbia, Polandia, Venezuela, Serbia dan Spanyol.

Untuk tahap awal, Mozzila rencananya akan memamerkan beberapa smartphone yang sudah menggunakan OS tersebut pada perhelatan Mobile World Congress di Barcelona pekan ini. Beberapa vendor ternama seperti LG, ZTE maupun Huawei sudah dipastikan bersedia menggunakan OS baru tersebut.

Berbeda dengan android maupun IOS yang agak rumit, OS besutan Firefox ini menggunakan standar HTML5. Hal ini memungkinkan siapapun yang akrab dengan pemrograman Web dapat dengan mudah membuat aplikasi di OS ini.

Kinerja OS yang berbasis standar web ini memang harus diuji. Pasalnya, tahun lalu Facebook berhenti menggunakan HTML5 untuk mengembangkan aplikasi. Chief Executive Facebook, Mark Zuckerberg bahkan menyatakan HTML5 tidak mampu memberikan kualitas yang memadai.

Apa yang akan dihadapi oleh Mozzila bukan hal yang mudah. Saat ini android menguasai hampir 70% dari pangsa pasar smartphone di seluruh dunia pada kuartal ke-4. Sementara IOS saat ini menguasai sekitar 21% dari pangsa pasar.

Berapa harga yang dibanderol? Vendor asal Spanyol, Telefonica akan membanderol ponsel dengan OS Mozzila ini seharga US$100. Bagaimana? Cukup berminat dengan OS baru ini?