Saat ini memang baterai lithium ion untuk ponsel dianggap cukup menjanjikan, namun kini baterai lithium ion tersebut diharuskan pula tahan lama. Baru-baru ini laporan dari Gizmodo memberitakan, para peneliti dari University of Southern California telah mengembangkan baterai lithium ion yang memiliki kemampuan hingga tiga kali lipat lebih awet jika dibandingkan dengan kemampuan baterai ponsel saat ini.

Riset yang dikepalai oleh Profesor Chongwu Zhou tersebut dikabarkan berhasil dengan menggunakan bidang silikon berpori nano-tube untuk menggabungkan elektron namun tanpa menurunkan kekuatan kapasitas baterai. Selain itu, berkat teknologi yang dimaksud, sebuah baterai diklaim bakal mampu bertahan hingga berhari-hari penggunaan. 

Di samping itu, biaya yang dibutuhkan untuk memproduksinya pun dikabarkan jauh lebih murah dibanding baterai ponsel yang saat ini beredar. Beredar kabar, baterai ini akan bisa diproduksi massal dua atau tiga tahun ke depan. Kini teknnologi baterai ini sedang tahap pendaftaran paten.