Kabar bahagia dari Skotlandia terkait terobosannya dalam bidang bioteknologi kesehatan. Dikabarkan BBC, para peneliti dari Universitas Aberdeen, Skotlandia, hampir temukan ramuan obat antikanker dan antiradang. 

Obat itu adalah pengembangan dari struktur protein buatan manusia. Struktur itu adalah reseptor antigen variabel baru (VNARs), variabel baru ini sangat mirip dengan struktur pada sistem kekebalan tubuh hiu. 

Maka agar penelitian tersebut sampai tahap selesai, lembaga penelitian Skotlandia Enterprise dan Bioteknologi serta Dewan Riset Sains Biologi memberikan dana penelitian sebesar 1,5 juta euro (sekitar Rp 18 miliar) untuk menuntaskan riset. 

Saat ini, tim peneliti menghasilkan lebih dari 10 miliar molekul dan menegaskan perpustakaan obat mereka setara dengan 10.000 hiu tanpa perlu memelihara seekor hiu pun di akuarium. 

”Ini riset ambisius dan menggembirakan yang akan membangun reputasi Aberdeen sebagai ibu kota komersial Skotlandia bagi penemuan obat,” kata Senior Vice-Principal Universitas Aberdeen Stephen Logan