Setelah sebelumnya hadir di luar negeri, Microsoft akhirnya secara resmi meluncurkan Office 365 Home Premium di Indonesia. Produk ini merupakan seri terbaru dari Microsoft Office yang berbasis cloud computing. Dengan banderol sekitar Rp729.999, pelanggan akan mendapatkan fasilitas lisensi selama 1 tahun, storage berbasis cloud di Skydrive sebesar 20 GB serta bonus 60 menit waktu panggilan melalui Skype. Tak hanya itu, Office 365 Home Premium ini juga dapat diaplikasilan sekaligus di lima perangkat seperti tablet Windows, PC ataupun Mac.

Menurut Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, fasilitas cloud memungkinkan pelanggan untuk tetap menggunakan device dengan spesifikasi rendah. Selain itu, para pelanggan juga akan mendapatkan update secara kontinue dari fasilitas cloud ini.

Selain meluncurkan Office 365 Home Premium, Microsoft juga meluncurkan Office 365 University yang diperuntukkan bagi kalangan civitas akademika. Untuk Office jenis ini, Microsoft membanderolnya seharga Rp639.999 untuk empat tahun. Di tataran Global, Microsoft juga telah menghadirkan paket Office Home dan Student 2013, Office Home and Business 2013 serta Office Professional 2013.

Lantas apa yang terjadi saat lisensi telah melewati batasnya? Office ini tetap bisa digunakan untuk sekedar melakukan aktivitas view maupun print. Sementara untuk editing lanjutan tidak memungkinkan. Meskipun berbasis cloud, perangkat ini tetap bisa dioperasikan secara online. Bagi yang agak kesulitan dalam mengoperasikan Microsoft Excel, Office yang baru ini cukup membantu. Sebab, Office ini tidak perlu keahlian khusus dalam menghafal rumus-rumus Excel yang cukup merepotkan.