Sebuah kritikan datang dari salah satu orang yang berkontribusi dalam pendirian Apple besutan Steve Jobs. Dia adalah Steve Wozniak, Ia menilai Apple saat ini agak tertinggal di persaingan smartphone. Tentu saja jika hal ini benar dikatakannya, sebuah peluang besar untuk mengejar poin ketertinggalan para kompetitornya, seperti Samsung.  

“Saya bangga Apple punya penggemar yang begitu setia. Tapi kesetiaan ini tidak diberikan mana kala kebutuhan untuk memiliki produk terbaik selalu ada dan nampaknya menurut saya Apple agak tertinggal dalam hal fitur di bisnis smartphone,” kata Woz seperti diansir MacRumor.

Kendati berkontribusi saat awal berdiri dan bangga dengan produk Apple, tidak berlaku bagi dirinya dicap konsumen fanatik Apple. Woz, panggilan akrabnya cenderung bersikap netral dan hampir semua gadget bermacam platform dijajalnya.

Woz pun menjelaskan mengapa dirinya rela antri di depan App Store saat produk terbarunya dijual pertama kali. Padahal sebagai pendiri Apple, dia tentunya punya keistimewaan untuk mendapatkan produk itu dengan mudah tanpa harus antri. 

“Peluncuran produk terbaru Apple bagi saya seperti konser besar yang wajib dihadiri secara personal. Ini sejarah. Tentu saja, saya bisa dengan mudah memesan secara online atau hubungi manajer toko. Tapi itu tidak akan berkesan. Saya ingin punya pengalaman seperti pembeli biasa. Tapi satu hal yang pasti, jika Apple membuat produk buruk, saya tidak akan ada di antrean,” pungkas Woz.